Jepang adalah salah satu negara yang memanfaatkan kereta api sebagai transportasi utama untuk bepergian. Karena itu sangat lazim di negara ini stasiun kereta selalu dipenuhi oleh lautan manusia, karena sistem kereta api Jepang adalah salah satu yang tercanggih dan teraman di dunia. Sayangnya hal itu dikompensasi dengan harga tiket yang selangit bahkan untuk sekali jalan saja, apalagi untuk ukuran penduduk negara berkembang seperti Indonesia.

JR PASS kepanjangan dari Japan Railway Pass merupakan salah satu cara untuk keliling Jepang secara fleksibel dan ekonomis. JR Pass yang merupakan singkatan dari  Japan Rail Pass ini merupakan tiket kereta terusan yang ditawarkan khusus  untuk wisatawan yang akan berkunjung ke Jepang oleh salah satu perusahaan kereta api di Jepang dengan coverage paling luas, yaitu Japan Railways Group. Keuntungan memiliki  JR Pass adalah bisa digunakan untuk menumpang hampir semua sarana transportasi (kereta, bus, bus antar kota, dan ferry) yang dimilki Japan Railways Group di seluruh Jepang  termasuk Hokkaido, Honshu, Shikoku, dan Kyushu. Selain itu, jalur yang dilintasi oleh JR terbilang paling lengkap melewati area turis (Untuk Tokyo misalnya ada Shinjuku, Harajuku, Shibuya, Ueno, akses ke bandara juga jadi lebih mudah (terutama Narita).

JR Pass sangat bermanfaat saat melakukan perjalanan jauh dengan Shinkansen seperti dari TOKYO ke OSAKA/KYOTO yang sekali jalan saja sudah sekitar  14,050 Yen (Rp 1,4 juta) jadi kalau pulang pergi  Rp 2,8 juta. Bandingkan dengan harga JR PASS yang paling murah adalah 7Day Pass JR : 29,110 Yen (atau sekitar Rp 2,911,000).  Karena JR Pass bisa dipakai untuk perjalanan selama di dalam kota Tokyo, Osaka, dan Kyoto, jadi paling tidak dengan membeli JR Pass kita sudah bisa berhemat karena tidak perlu membeli tiket lagi untuk perjalanan dalam kota. Dan kita naik kereta sepuasnya selama 7 hari di Jepang.  Singkatnya, jika mendarat di Tokyo dan berencana jalan-jalan ke Osaka/Kyoto kemudian nanti kembali ke Indonesia harus melalui Tokyo maka membeli JR PASS akan membuat perjalanan kita semakin hemat. Japan Rail Pass yang telah ditukarkan dan dicetak tidak bisa dikembalikan atau dicetak ulang. Jadi jangan sampai Japan Rail Pass ini hilang.